thumb

Waspada Cuaca Ekstrem : Pohon di Jalan Tanjungpura Tumbang.

Tanjungpura Tumbang.

Fenomena Hidrometeorologi (Bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembapan), tentunya kita akan dihadapkan dengan cuaca ekstrem yang hampir terjadi setiap hari. Curah hujan yang tinggi seringkali menjadi berkah namun juga bisa membawa bencana ketika intensitasnya berlebihan.Seperti yang kali ini terjadi di Jl. Tanjungpura, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan.

Sebuah batang pohon tumbang pada pukul 8.30 WIB Minggu 22 Oktober 2023. Pohon ini tumbang dikarenakan kuatnya intensitas angin yang disebabkan oleh cuaca ekstrem. Mendapat laporan dari warga setempat, Relawan Penanggulangan BencanaBPBD Kota Pontianak bergegas melakukan assesment. Setelah mendatangi lokasi kejadian, petugas memvalidasi laporan warga bahwa memang ditemukan pohon tumbang yang mengenai fasilitas umum berupa pintu air.

Dari hasil assesmenttersebut, BPBD Kota Pontianak menugaskansebanyak 5 orang Relawan Penanggulangan Bencana untuk melakukan penanganan terhadap pohon tersebut dengan menggunakan peralatan berupa mesin chainsaw, tali, dan alat potong lain.

(Gambar : Pohon tumbang mengenai pintu air Ramayana)

            Proses pemangkasan berlangsung kurang lebih selama 1 jam. setelah pemangkasan selesai dilakukan Tim Relawan Penanggulangan Benacana BPB Kota Pontianak melakukan pembersihan dengan cara mengumpulkan dan kemudian mengangkut bagian-bagian pohon tumbang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).(daud)