thumb

Selama Juni 2023 Kota Pontianak Aman Dari Karhutla. Kasi Darlog: Peningkatan Patroli Di Wilayah Rawan Karhutla Berjalan Efektif

Selama bulan Juni 2023 Kota Pontianak tercatat aman dari kejadian kebakaran hutan dan lahan, atau dengan kata lain tidak terdapat kejadian kebakaran hutan dan lahan selama bulan Juni 2023. Hal ini disampaikan oleh (Sub Koordinator) Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Hariyadi Saragih, ST disela-sela tugasnya dalam memimpin tim patroli siaga karhutla.

Tim patroli siaga karhutla terdiri dari TRC BPBD Kota Pontianak dibantu sejumlah relawan Penanggulangan Bencana yang berjumlah dua puluh orang. Tim dibagi menjadi sembilan regu yang ditempatkan di masing-masing pos penjagaan yang tersebar di seluruh wilayah rawan karhutla di dua kecamatan, yakni Kecamatan Pontianak Selatan dan Kecamatan Pontianak Tenggara. Selain melakukan patroli, tiap-tiap regu juga memiliki tugas melakukan edukasi kepada masyarakat sekitar yang kedapatan hendak melakukan pembakaran lahan, baik untuk kebutuhan pertanian maupun kebutuhan lainnya.

Peningkatan kegiatan patroli antisipasi karhutla dilakukan mengingat adanya peringatan dini dari BMKG tentang prakiraan minimnya curah hujan yang terjadi sepanjang bulan Juni 2023. Curah hujan yang rendah ditambah peningkatan suhu mengakibatkan Kota Pontianak rawan terhadap terjadinya karhutla. (era)