thumb

PENGUATAN KAPASITAS KAWASAN RAWAN BENCANA, BPBD KOTA PONTIANAK ADAKAN KEGIATAN INISIASI PEMBENTUKAN KELURAHAN TANGGUH BENCANA DI KELURAHAN PARIT TOKAYA

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pontianak pada Rabu (23/08/2023) menggelar Kegiatan Penguatan Kapasitas Kawasan sebagai inisiasi pembentukan kelurahan Tangguh bencana. Pada tahun 2023 ini kelurahan yang dipilih adalah Kelurahan Parit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan, sebagai salah satu kelurahan yang selain rawan terhadap bencana karhutla, juga rawan terhadap bencana banjir.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kota Pontianak, Yusnaldi mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan sebagai salah satu upaya untuk menjadikan Kota Pontianak sebagai kota yang tangguh bencana, maka perlu dimulai melalui kelurahan-kelurahan, khususnya kelurahan yang rawan terhadap bencana. Dengan dibentuknya kelurahan tangguh bencana, diharapkan saat terjadi bencana di kelurahan tersebut, masyarakat sekitar dapat melakukan upaya penanggulangan bencana sendiri sebelum tim dari BPBD turun ke lokasi bencana. Hadir pada kegiatan tersebut 25 perwakilan dari masyarakat di Kelurahan Parit Tokaya, untuk mendapatkan pembekalan dan pelatihan guna mengantisipasi terjadinya kejadian bencana di wilayah mereka. (EY)