thumb

PEMERIKSAAN KESEHATAN ASN DAN RELAWAN PB KOTA PONTIANAK

ASN dan Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pontianak mengikuti kegiatan pemeriksaaan gratis pada hari Jumat 1 Maret 2024 di Aula Rapat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pontianak yang di adakan oleh Dharma Wanita Persatuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pontianak di pimpin langsung ibu ketua Ny. Mirtha Nasir di fasilitasi oleh  Tim Kesehatan dari  UPT Puskesmas Kom Yos Sudarso Kelurahan Sungai Jawi Dalam Kecamatan Pontianak Barat.

Seluruh ASN yang berjumlah 18 orang terdiri dari 12 ASN Laki-laki dan 6 ASN Perempuan dan relawan PB terdiri dari 22 Relawan Laki-laki dan 3 Relawan perempuan sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pemeriksaan. Di awali dengan pengisian formulir, ukur tekanan darah, tinggi badan dan berat badan, dan cek gula darah. Mengingat tingginya gula darah dapat menyebabkan penyakit diabetes, untuk itu pemeriksaan kesehatan difokuskan pada gula darah. Cek gula darah adalah prosedur medis yang bertujuan mengukur kadar gula (glukosa) dalam darah. Caranya dengan mengambil sampel darah dari ujung jari menggunakan alat khusus. Tes ini penting untuk memantau tingkat gula darah dalam tubuh. Terutama bagi pengidap diabetes atau orang yang berisiko mengalami masalah terkait dengan gula darah. Masalah tersebut melibatkan sejumlah gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kadar glukosa dalam darah seseorang.

Di sela-sela pemeriksaaan tim kesehatan juga memberikan tips dan trik  hidup sehat. Membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat dan buah-buah agar seimbang, waktu tidur yang cukup  dan rutin melakukan olah raga seperti senam dan jalan pagi, olah raga ini paling tidak dilakukan satu kali dalam seminggu. Mengutip kalimat “Mens sana in corpore sano” yang artinya Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. kesehatan mencakup segalanya mulai dari kesehatan fisik (jasmani) hingga kesehatan mental/pikiran (rohani). Kesehatan fisik dan kesehatan rohani sejatinya saling berkaitan dan dapat saling memengaruhi. Kesehatan fisik seperti adanya penyakit dapat memengaruhi kesehatan pikiran atau mental. Misalnya, penyakit kronis dan berbahaya seperti diabetes, stroke, kanker, Alzheimerdemensia, serta penyakit yang sulit disembuhkan atau bahkan tidak bisa disembuhkan akan menyebabkan penderitanya stres hingga depresi.

Pemeriksaaan seperti ini diharapkan dapat dilakukan rutin untuk seluruh ASN dan Relawan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pontianak mengingat kondisi kerja ASN dan Relawan PB rentan terpapar asap pada saat melakukan penanganan penanggulangan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA), dan rentan mengalami kecelakaan kerja pada saat melakukan assesment kebakaran pemukiman, banjir dan puting beliung di wilayah Kota Pontianak. `(Fkn)