thumb

KEBAKARAN PEMUKIMAN GANG PURNAJAYA 1 SIANTAN HILIR

Kebakaran terjadi siang hari di Gang Purna Jaya 1 Nomor 9A pada Selasa 10 Oktober 2023 Jam 14.45 wib Kelurahan Siantan Hilir Kecamatan Pontianak Utara menghanguskan 1 unit rumah Bapak Muhammad Kasim(Pemilik). Peristiwa ini membuat warga panik karena api cepat membesar, dan di khawatirkan dapat merembet kerumah warga yang lainnya. Kerusakan yang dialami rumah sekitar 70 persen, membakar bagian dalam rumah, sedangkan bagian luar rumah masih tampak kokoh.

Selang beberapa saat kemudian armada kebakaran tampak tiba di lokasi kebakaran. Terlihat armada pemadam kebakaran Kota Pontianak dan armada pemadam kebakaran yayasan/swasta berjibaku berupaya memadamkan api yang sudah membesar dan menghanguskan bagian dalam rumah. Petugas pemadam kebakaran tidak mengalami kendala terkait tersedianya air yang cukup untuk proses pemadaman, dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk memadamkan api hingga proses pendinginan. Informasi yang didapat dari RT setempat, bahwa api berasal dari atas atap rumah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri dibantu oleh warga setempat.

Hasil Kaji Cepat Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Pontianak menyatakan bahwa kebakaran diduga terjadi karena korsleting listrik namun penyelidikan resmi hingga saat ini masih dilakukan oleh pihak kepolisian untuk diinvestigasi lebih lanjut.

(Gambar: Penyerahan bantuan Makanan Siap Saji (MSS) selama 3 hari)

Atas kejadian kebakaran tersebut BPBD Kota Pontianak memberikan bantuan berupa makanan siap saji selama 3 hari berturut-turut sejak hari kejadian dan bantuan logistik sesuai hasil Assesement. Bantuan logistik yang diberikan berupa sembako (bahan makanan pokok sehari-hari), bantuan peralatan masak dan peralatan rumah tangga lainnya.(fkn)