thumb

KEBAKARAN MENGHANGUSKAN RUMAH PENSIUNAN DOSEN DI KOMPLEK UNTAN PADA SABTU DINI HARI

Kebakaran permukiman terjadi di Komplek Untan, tepatnya di Jalan Silat Baru Kelurahan Bangka Belitung Laut Kecamatan Pontianak Tenggara pada Sabtu, 10 Februari 2023. Kejadian yang berlangsung pada dini hari tepatnya sekitar pukul 03.30 WIB tersebut sontak membuat seluruh penghuni rumah panik. Warga yang mengatahui kejadian kebakaran tersebut langsung menghubungi damkar untuk segera dilakukan upaya pemadaman.

Menurut saksi korban, beberapa saat sebelum kejadian kebakaran, listrik dirumahnya tiba-tiba mati padahal dirumah warga yang lain listrik dalam keadaan menyala. Saat berusaha menghidupkan listrik yang mati tersebut, tiba-tiba korban melihat percikan api di bagian atas rumahnya dan hanya dalam hitungan menit api dengan cepat membesar ke bagian rumah yang lain. Di saat kebakaran berlangsung, korban yang sedang dalam sakit mengalami kesulitan untuk keluar dari kepungan api. Akibat upaya keluar dari kobaran api tersebut, korban mengalami luka bakar dibagian leher, sementara anak korban mengalami luka bakar di bagian tangan. Tim dari PMI yang berada di lokasi kebakaran langsung mengamankan korban yang mengalami luka bakar dan memberikan pertolongan pertama pada korban yang dievakuasi dirumah warga terdekat.

Puluhan armada pemadam kebakaran tiba tak lama setelah dihubungi warga dan segera berjibaku memadamkan api di lokasi kejadian. Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Pontianak bersama Relawan PB juga segera berada di lokasi kejadian kebakaran untuk melakukan kaji cepat (asessment). Setelah dilakukan assessment, didapatkan informasi bahwa pemilik rumah adalah atas nama Fahrudin Lubis, yang merupakan seorang pensiunan dosen Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura dan tinggal bersama seorang istri dan seorang anaknya, dengan tingkat kerusakan akibat kebakaran tersebut mencapai 100%.

Dok : keadaan rumah paska kebakaran.

Pasca kejadian kebakaran, keesokan harinya BPBD Kota Pontianak menyerahkan bantuan makanan siap saji kepada korban kebakaran untuk tiga jiwa. Bantuan makanan siap saji diberikan selama tiga hari berturut-turut untuk makan pagi dan sore. Selanjutnya pada hari ke enam, BPBD Kota Pontianak menyerahkan bantuan logistik berupa bahan makanan pokok, air mineral, peralatan masak, serta peralatan rumah tangga dan kebersihan yang diserahkan langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Pontianak, Bapak Ir. Haryadi S Triwibowo kepada perwakilan keluarga korban di hunian sementara mereka. 

 

Dok : Penyerahan bantuan logistik bagi korban kebakaran Jl.Silat Baru.

 

 

(Era - BPBD Kota Pontianak)