thumb

Dilahap Sijago Merah, Rumah di Jalan Komplek Bali Agung II Hangus Terbakar.

      Peristiwa kebakaran seringkali terjadi akibat kelalaian manusia baik disengaja maupun tidak disengaja. Seperti peristiwa kebakaran di Jl. Perdana, Kompleks Bali Agung II, Kelurahan  Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan. Sebuah rumah warga yang terdiri 2 jiwa yang merupakan sepasang suami istri ini habis dilahap sijago merah. Peristiwa yang terjadi pada hari Selasa, 31 Oktober 2023 mengakibatkan kerusakan dan kepanikan penduduk setempat.  Rumah yang terbakar diduga disebabkan oleh adanya korsleting hubungan arus pendek listrik.

       Mendapat laporan dari warga, Relawan Penanggulangan Bencana BPBD Kota Pontianak melakukan assesment di lokasi kejadian. Setelah melakukan assesment memang benar seperti yang dilaporkan bahwa satu buah rumah telah terbakar. Proses pemadaman pun segera dilakukan dengan melibatkan pihak Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Pontianak dan Pemadam Kebakaran Swasta, serta warga setempat yang turut membantu proses pemadaman api. Proses Pemadaman membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 jam 30 menit diakibatkan oleh tingginya intensitas kebakaran.

Kerugian yang diakibatkan oleh peristiwa kebakaran tersebut berupa kerugian finansial seperti sandang, pangan dan papan.  Akibat dari kejadian ini korban untuk sementara tinggal di rumah kerabat terdekat yang tidak jauh dari lokasi tempat kejadian.

 Dari hasil assesment Relawan Penanggulangan Bencana BPBD Kota Pontianak Korban membutuhkan makanan siap saji selama 3 hari untuk memenuhi kebutuhan makan siang dan malam korban dan juga, logistik kebutuhan dasar guna memenuhi bahan pokok dasar yang diperlukan korban.

 

 

      Setelah pemenuhan kebutuhan korban disalurkan oleh instansi BPBD Kota Pontianak, selanjutnya ada beberapa instansi dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau komunitas kemanusiaan yang juga menindaklanjuti pemberian bantuan sosial dan kebutuhan sandang, pangan, dan papan korban terdampak kebakaran.

                                               

                                                                                    (Daud Haryanto-BPBD Kota Pontianak)