thumb

BPBD Kota Pontianak Lakukan Edukasi Tentang Bahaya KARHUTLA

Bencana KARHUTLA (Kebakaran Hutan dan Lahan) selama ini menjadi salah satu problema yang sering terjadi sehingga memberikan dampak kerugian bagi masyarakat, khususnya yang sering terjadi di Kota Pontianak. Beberapa kerugian yang disebabkan oleh KARHUTLA seperti lahan pertanian masyarakat yang rusak dapat mengakibatkan gagalnya panen sehingga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat penggarap dan kerugian yang berskala nasional seperti terganggunya jadwal penerbangan, pelayaran serta dampak kesehatan yaitu kualitas udara yang sangat tidak sehat.

            Maka dari itu BPBD Kota Pontianak khususnya Bidang Penanggulangan Bencana gencar melakukan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara pencegahan dan penanganan bencana KARHUTLA, serta menghimbau para petani penggarap agar membuka lahan pertanian tidak dengan cara membakarnya.

            Kali ini Kepala Bidang BPBD Kota Pontianak Bapak Haryadi Saragih S.T melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran lahan di Kelurahan Bangka Belitung Darat, Kecamatan Pontianak Tenggara. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Ketua RT/RW, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Kelurahan Bangka Belitung Darat pada Kamis 2 November 2023.

            Masyarakat sangat antusias terhadap edukasi berupa penyuluhan ini, karena masyarakat mendapatkan pengetahuan dan informasi tentang pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan. Mengingat di Kelurahan Bangka Belitung Darat sendiri termasuk salah satu daerah rawan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

            Selain BPBD Kota Pontianak TNI, POLRI, dan Aparatur Pemerintahan tingkat Kelurahan selalu bersinergi dalam langkah pencegahan terjadinya bencana karhutla. Diharapkan dari kegiatan ini para peserta dapat memahami pentingnya pencegahan dan mitigasi bencana terutama bencana KARHUTLA yang memang hampir setiap tahun selalu terjadi di Kota Pontianak yang memang memiliki beberapa titik lahan gambut yang yang tersebar di seluruh Kota Pontianak. (vony)