thumb

Akibat Cuaca Ekstrem, Atap Rusunawa Rusak

Cuaca ekstrem selalu menjadi ancaman serius bagi keamanan dan kenyamanan hunian. Salah satu dampak cuaca ekstrem yang sering dihadapi adalah kerusakan pada  bangunan, bangunan yang rusak dapat menyebabkan kerugian finansial dan berpotensi berbahaya bagi penghuni.

Seperti yang kali ini terjadi di Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat atap sebuah rusunawa terangkat dan rusak diakibatkan oleh cuaca ekstrem. Kejadian ini terjadi pada hari Jumat, 27 Oktober 2023 sekitar pukul 16.45 WIB pada saat hujan deras disertai angin kencang. Setelah mendapat laporan dari warga Kepala Bidang BPBD Kota Pontianak, Bapak H. Saragih S.T beserta staff dan Relawan Penanggulangan Bencana bergerak cepat melakukan asessment (kaji cepat) pada bangunan yang terdampak akibat cuaca ekstrem.

Dari hasil asessment memang benar ada bagian atap Rusunawa yang terangkat dan rusak. Petugas langsung sigap melakukan penanganan pertama terhadap bangunan yaitu mengamankan atap yang rusak tersebut, agar apabila terjadi cuaca ekstrem susulan bagian dari material atap yang rusak tidak menyebabkan kerugian lainnya. BPBD Kota Pontianak selanjutnya berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman yang akan memperbaiki kerusakan yang disebabkan cuaca ekstrem tersebut.(daud)